PT. Alfa Beta Sandang (ABS) adalah perusahaan swasta yang berdiri pada tanggal 30 Nopember 1972. Di awal usahanya ABS adalah industri tekstil yang memproduksi kain tekstil basic dengan proses tenun dan finishing. Usaha ABS telah berkembang dari semula tenun dan finshing menjadi ke hulu dan ke hilir dengan proses produksi pemintalan benang, tenun, dyeing & finishing serta printing. Kerugian yang diperoleh perusahaan meningkat dari tahun ke tahun, sehingga permodalan perusahaan pada 31-2-1995 telah mencapai negatif Rp 16,7 milyar, dengan kinerja usaha yang demikian berdampak kepada tidak dapat terpenuhinva kewajiban ABS pada pihak-pihak eksternal (kreditor, pajak) dan internal (pemegang saham) dengan baik.

Dihadapkan dengan kondisi lingkungan usaha dan faktor internal perusahaan. ABS memerlukan strategi yang tepat untuk penyehatan dan pembangkitan kinerja perusahaan, sehingga perusahaan dapat mempertahankan usahanya dan bahkan dapai berkembang dimasa depan. Karya akhir ini menyajikan suatu alternatif strategi turn around ABS dengan mengadakan analisis kinerja finansial perusahaan dan lingkungan industri sebagai akibat globalisasi dengan struktur pasar persaingan monopolistik. 

Guna mengantisipasi peluang dan ancaman serta memperhatikan kekuatan dan kelemahan perusahaan kemudian diformulasikan dalam matriks SWOT. Dengan strategi yang dipilih dikombinasikan dengan strategi bersaing generik Diferensiasi diharapkan perusahaan akan mendapat manfaat yang maksimal. Untuk melaksanakan strategi kombinasi yang dipilih tersebut, maka diperlukan program implementasi strategi penyehatan dan pembangkitan yaitu perubahan organisasi, reorganisasi finansial dan sistem pengawasan.

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds